Sejarah Konsol Video Game – Ledakan Dari Masa Lalu

Setiap kali saya mulai memainkan beberapa game di Xbox 360 saya, saya selalu bertanya-tanya bagaimana semua itu bisa terjadi. Orang tua saya selalu memberi tahu saya bahwa video game tidak terlalu populer di masa lalu dan itu dianggap sebagai ide masa depan. Dengan pemikiran ini, saya mulai mengingat kenangan masa kecil saya ketika datang ke video game. Dan karena saya tidak memiliki sesuatu yang baik untuk dilakukan hari ini, saya memutuskan untuk melakukan penelitian tentang sejarah lengkap konsol video game. Yang mengejutkan saya, saya menyadari bahwa konsol pertama yang saya miliki ketika saya masih kecil bukanlah “konsol game pertama”. Saya memiliki anggapan bahwa konsol lama saya adalah yang pertama kali diproduksi, jadi saya rasa itu memang sepadan dengan waktu untuk meneliti tentang konsol video game.

Bagaimanapun, mari kita mulai ledakan kami dari masa lalu saat saya membawa Anda kembali dari awal yang sederhana dari konsol video game tercinta kami.

Ide bermain game di depan televisi dianggap tidak masuk akal dan sesuatu di masa depan. Semua kecuali satu Ralph Baer yang menyusun satu ide absurd; kemampuan untuk berinteraksi dengan televisi Anda, termasuk bermain game di dalamnya. Ini terjadi pada tahun 1951 saat membangun pesawat televisi untuk Loral di Bronx, New York. Pada tahun 1966, ia berhasil mengembangkan permainan yang disebut “Chase” di mana dua titik saling mengejar di sekitar layar. Dia menunjukkan ide itu kepada bos barunya, pemilik R&D Herbert Campman, dia diberi sejumlah dana dan proyeknya diambil oleh perusahaan sebagai proyek resmi. Beberapa tahun kemudian, Ralph Baer berhasil membuat “Kotak Coklat”, yang dianggap sebagai kakek buyut dari semua konsol video game.

Beberapa  maxbet tahun kemudian, Magnavox memutuskan untuk berinvestasi pada video game dan membuat konsol video game pertama yang disebut Magnavox Oddysey. Sungguh sebuah inovasi karena merupakan video game pertama yang dapat dihubungkan ke pesawat televisi. Itu juga yang pertama dalam hal periferal konsol karena Anda dapat membeli senjata ringan yang dapat Anda sambungkan ke konsol saat bermain game menembak.

Pada tahun 1975, Atari datang dengan konsol game sendiri bersama dengan Pong, sebuah game yang akan tetap menjadi konsep populer sampai sekarang. Konsol tidak memiliki pengontrol; sebenarnya, konsol tersebut terlihat seperti pengontrol itu sendiri, jadi Anda mungkin bisa mengatakan bahwa itu adalah kakek dari semua game televisi genggam. Kemudian, Atari 2600 datang. Dirilis pada tahun 1977, itu akan menjadi sangat populer sehingga menjadi satu-satunya konsol selain Magnavox yang bertahan dari crash konsol game pertama tahun 1977. Kedua perusahaan terus membuat game untuk konsol game masing-masing hingga konsol game kedua crash tahun 1983. Atari dan Magnavox menderita karena terlalu banyak game yang dikembangkan dengan buruk, yang menjelaskan mengapa Nintendo menjadi merek game yang sangat populer di era ini. Di tahun inilah Nintendo Entertainment System dikembangkan dan dirilis.

Di Jepang, itu disebut “Famicom” sementara di Amerika Utara, itu disebut “NES” atau sekadar “Nintendo”. Ini adalah konsol video game pertama saya dan sejauh yang saya ingat, saya memainkan banyak game dengan konsol ini. Super Mario Brothers, Legend of Zelda, Contra, Megaman, dan banyak game lainnya memenuhi lemari saya alih-alih boneka Barbie dan barang-barang feminin lainnya. Kesuksesan Nintendo berlanjut hingga Sega bangkit untuk menantang konsol game mereka dengan konsol Sega Mega Drive/Genesis. Dirilis di Jepang pada tahun 1988, konsol Sega mendapatkan popularitas dengan karakter video game tituler dan maskot Sega Sonic the Hedgehog. Faktanya, satu-satunya alasan saya memohon kepada orang tua saya untuk membelikan saya Sega Mega Drive adalah karena saya ingin bermain Sonic the Hedgehog!

Nintendo merasakan bahwa Sega memang semakin populer, sehingga dua tahun setelah rilis Sega Mega Drive, Nintendo merilis Super Nintendo Enterntainment System atau SNES. SNES juga populer di kalangan anak-anak saat itu. Bahkan, sebagian besar teman saya bingung konsol apa yang ingin mereka beli untuk Natal!

Kemudian pada tahun 1995, era game 16 bit dan 32 bit kini dibayangi oleh Sony Playstation. Konsol permainan video menampilkan grafik yang lebih baik, dukungan perangkat keras dan perangkat lunak yang lebih baik, satu set pengontrol praktis baru dan Kartu Memori, perangkat yang memungkinkan para gamer menyimpan permainan mereka yang disimpan. Itu memang revolusioner, karena tidak lagi menggunakan kartrid, melainkan disk drive. Sega dan Nintendo sama-sama menjawab dengan Sega Saturn dan Nintendo 64, tetapi ketika datang ke konsol video game generasi kelima, Sony Playstation adalah rajanya.